- Home »
- BISNIS INFORMATIKA ADALAH
Unknown
On Senin, 08 Oktober 2012
Pada dasarnya bisnis informatika terdiri dari 2 kata
yaitu bisnis dan informatika,berikut pengertian lebih lanjut :
Bisnis
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi
yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk
mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business,
dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu,
komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan
pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Informatika
Informatika (Inggris: Informatics) merupakan
disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun
informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini mencakup beberapa
macam bidang, termasuk di dalamnya: sistem informasi, ilmu komputer, ilmu
informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi
manajemen. Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi
dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan
menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.
Aspek dari informatika lebih luas dari sekedar sistem informasi berbasis
komputer saja, tetapi masih banyak informasi yang tidak dan belum diproses
dengan komputer.
Jadi pada intinya Bisnis informatika adalah suatu
kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok orang yang memiliki nilai
(value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang dilakukan dengan bantuan
teknologi informasi. Teknologi informasi disini mencakup semua hal yang
berkaitan dengan teknologi informasi seperti internet.
Pada
postingan kali ini saya akan membahas tentang perusahaan non-IT yang berhubungan dengan mata kuliah bisnis informatika.
Perusahaan yang akan dibahas adalah CHEVRON
CORPORATION
Chevron Corporation
NYSE: CVX adalah salah satu perusahaan energi terbesar dunia. Berkantor pusat
di San Ramon, California, AS dan aktif di lebih dari 180 negara, Chevron
bergerak dalam setiap aspek industri minyak dan gas, termasuk eksplorasi dan
produksi; penyulingan, pemasaran, dan transportasi; produksi kimia dan
penjualan; dan pembangkit tenaga. Chevron memiliki fasilitas di 90 negara.
Chevron didirikan
pada tahun 1879 di Pico Canyon, California dengan nama Standard Oil Company of
California atau Socal. Pada 2001, Chevron bergabung dengan Texaco untuk membentuk
ChevronTexaco. Pada 9 Mei 2005, ChevronTexaco mengumumkan akan melepas moniker
Texaco dan kembali ke nama Chevron. Texaco akan tetap menjadi sebuah merek di
bawah perusahaan Chevron. Pada 19 Agustus 2005, Chevron bergabung dengan Unocal
Corporation, sebuah gerakan yang membuat Chevron produsen terbesar energi
geotermal di dunia
Visi :
The Chevron
Way menjelaskan siapa kami, apa yang kami lakukan, apa yang kami yakini dan apa
yang ingin kami capai.
The Chevron
Way menumbuhkan pengertian yang sama, tidak saja bagi karyawan kami, tapi bagi
semua pihak yang berinteraksi dengan kami.
Di
dalam The Chevron Way tertanam visi kami… menjadi perusahaan energi dunia
yang paling dikagumi karena karyawan, kemitraan dan kinerjanya.
• dengan selamat menyediakan produk-produk energi yang vital
untuk kemajuan
ekonomi yang berkelanjutan dan pengembangan manusia di seluruh
dunia;
• adalah orang-orang dan organisasi dengan kemampuan dan
komitmen yang tinggi;
• adalah mitra pilihan yang terpercaya;
• dikagumi oleh semua pemangku kepentingan - investor,
pelanggan, pemerintah
di tempat kami beroperasi, masyarakat setempat dan karyawan kami
– tidak saja
karena hasil yang kami capai tetapi juga bagaimana kami mencapai
hasil tersebut;
•
memberikan kinerja kelas dunia.
NILAI – NILAI :
Landasan
perusahaan kami dibangun di atas nilai-nilai yang kami anut, yang membedakan
kami dari yang lain dan menjadi pedoman kegiatan kami. Kami menjalankan bisnis
kami dengan penuh rasa tanggung jawab secara sosial dan dengan cara yang etis.
Kami menghormati hukum, menjunjung tinggi hak asasi manusia, melindungi
lingkungan dan memberi manfaat kepada masyarakat di tempat kami beroperasi.
Integritas
Kami
jujur kepada pihak lain dan kepada kami sendiri. Kami memenuhi standar etika
tertinggi dalam setiap kegiatan bisnis yang kami lakukan. Kami melakukan sesuai
yang kami katakan. Kami menerima tanggung jawab atas semua hasil dan akibat
dari pekerjaan dan kegiatan kami.
Kepercayaan
Kami
mempercayai, menghormati dan mendukung satu sama lain, dan kami berupaya sekuat
tenaga untuk mendapatkan kepercayaan dari rekan dan para mitra kerja.
Keanekaragaman
Kami
mempelajari dan menghormati budaya di tempat kami bekerja. Kami menghargai dan
menghormati keunikan setiap individu dan ragam pandangan serta talenta yang
mereka tunjukkan. Lingkungan kerja kami sangat terbuka dan kami merangkul
beraneka ragam komunitas, pendapat, talenta dan pengalaman.
Terobosan
Kami
mencari peluang-peluang dan terobosan-terobosan baru. Kami menggunakan
kreativitas kami untuk mendapatkan cara yang tidak konvensional dan praktis
untuk memecahkan masalah. Pengalaman, teknologi dan keuletan kami membantu kami
mengatasi tantangan dan memberikan nilai tambah.
Kemitraan
Kami
mempunyai komitmen yang tinggi untuk menjadi mitra yang baik untuk membangun
hubungan yang produktif, kolaboratif, saling mempercayai dan memberikan manfaat
dengan pemerintah, perusahaan-perusahaan lain, pelanggan, masyarakat dan satu
sama lain.
Melindungi
Manusia dan Lingkungan Kami menempatkan kesehatan dan
keselamatan tenaga kerja kami serta perlindungan atas aset dan lingkungan
sebagai prioritas yang tertinggi. Tujuan kami adalah mendapatkan pengakuan atas
kinerja kelas dunia melalui menerapan Sistem Manajemen Keunggulan Operasi
(Operational Excellence Management System) secara disiplin.
Kinerja Tinggi Kami
berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dalam setiap hal yang kami lakukan, dan
kami terus berupaya untuk menjadi lebih baik. Kami dengan sungguh-sungguh
berupaya mencapai hasil yang lebih dari yang diharapkan - oleh kami sendiri dan
pihak lain. Kami berusaha mencapai hasil terbaik dengan sepenuh tenaga dan
dengan tingkat urgensi yang tinggi.
SUMBER
DAYA MANUSIA
Berinvestasi pada sumber daya manusia
untuk memperkuat kemampuan organisasi dan
membangun tenaga kerja global yang bertalenta tinggi untuk meraih hasil dengan
cara yang tepat
mengeksekusi dengan
baik
melalui aplikasi yang cermat dari keunggulan
operasi dan sisitem pengelolaan aset/kapital serta pengelolaan biaya yang
disiplin
tumbuh
dan memberikan profit
dengan menggunakan keunggulan kompetitif kami
untuk memaksimalkan nilai dari aset yang kami miliki serta mendapatkan peluag
peluang baru
Teknologi energi
Perusahaan
ini juga mengembangkan dan mengkomersialisasikan teknologi energi maju,
termasuk fuel cell, photovoltaic, dan bateri teknologi tinggi,
dan aktif dalam riset dan pengembangan untuk menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar untuk transportasi dan tenaga listrik. Sebagai tambahan,
perusahaan ini juga berinvestasi dalam bidang nanoteknologi, mengevaluasikan sebuah kelas
baru blok pembangunan molekular yang berpotensi dapat berguna di banyak
industri.
Sebuah SPBU
Chevron di Amerika Serikat.
Bahan bakar
- Chevron
- Standard Oil (dalam lingkungan terbatas)
- Texaco (Di Amerika Serikat, Shell diijinkan menggunakan merk Texaco sampai 1 Juli 2006; SPBU Texaco yang dipasok Chevron akan segera mempromosikan "Texaco dengan Techron")
- Caltex
Pelumas
- Delo (dijual oleh Caltex dan Chevron)
- Havoline (dijual oleh Caltex dan Texaco)
- Revtex (dijual oleh Caltex)
- Ursa (dijual oleh Texaco)
Aditif Bahan Bakar
- Techron - Chevron, Texaco (mulai diperkenalkan tahun 2005), Caltex (mulai diperkenalkan tahun 2006 dan selanjutnya)
- Clean System 3 - Texaco (mulai ditarik tahun 2005 dan digantikan oleh Techron)
Promosional
Tanggung
Jawab dalam Aspek Lingkungan
Pengelolaan
Lingkungan Hidup
Sejak awal,
Chevron telah konsisten bekerja sama dengan masyarakat yang berada di wilayah
operasinya. Chevron menjadi warga yang baik melalui kerja samanya dengan
pemerintah dan masyarakat setempat, baik dalam eksplorasi minyak, gas, dan
energi panas bumi, maupun dalam proses produksinya. Chevron memiliki program
yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. Program ini memberdayakan
masyarakat dengan mengajarkan mereka cara membangun dan menjalankan usaha yang
efektif serta bagaimana menjadi lebih mandiri.
Usaha
perbaikan lingkungan
- (Inggris)AC
Transit Partnership to Build Hydrogen Energy Stations
- (Inggris)Kampanye Will You Join Us
- (Inggris)BBC - $300m Per Year in
Alternative Fuel Sources 19 Februari 2006
Usaha
perbaikan HAM
-
(Inggris)Human Rights Campaign
Foundation, Salah satu dari 101 perusahaan yang memiliki nila sempurna untuk
Yayasan Kampanye HAM ke-4
Referensi :
http://www.chevron.com http://id.wikipedia.org/wiki/Chevron_Corporation#Usaha_perbaikan_lingkungan
http://id.wikipedia.org/wiki/Informatika