Popular posts

Daftar Blog Saya

Powered By Blogger
sahru.ramadhan@yahoo.com. Diberdayakan oleh Blogger.

old station

old station

Pengikut

Unknown On Senin, 08 Oktober 2012


Pada dasarnya bisnis informatika terdiri dari 2 kata yaitu bisnis dan informatika,berikut pengertian lebih lanjut :
Bisnis
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Informatika
Informatika (Inggris: Informatics) merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini mencakup beberapa macam bidang, termasuk di dalamnya: sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi. Aspek dari informatika lebih luas dari sekedar sistem informasi berbasis komputer saja, tetapi masih banyak informasi yang tidak dan belum diproses dengan komputer.

Jadi pada intinya Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Teknologi informasi  disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi seperti internet.

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang perusahaan non-IT  yang berhubungan  dengan mata kuliah bisnis informatika. Perusahaan yang akan dibahas adalah  CHEVRON CORPORATION
Chevron Corporation NYSE: CVX adalah salah satu perusahaan energi terbesar dunia. Berkantor pusat di San Ramon, California, AS dan aktif di lebih dari 180 negara, Chevron bergerak dalam setiap aspek industri minyak dan gas, termasuk eksplorasi dan produksi; penyulingan, pemasaran, dan transportasi; produksi kimia dan penjualan; dan pembangkit tenaga. Chevron memiliki fasilitas di 90 negara.
Chevron didirikan pada tahun 1879 di Pico Canyon, California dengan nama Standard Oil Company of California atau Socal. Pada 2001, Chevron bergabung dengan Texaco untuk membentuk ChevronTexaco. Pada 9 Mei 2005, ChevronTexaco mengumumkan akan melepas moniker Texaco dan kembali ke nama Chevron. Texaco akan tetap menjadi sebuah merek di bawah perusahaan Chevron. Pada 19 Agustus 2005, Chevron bergabung dengan Unocal Corporation, sebuah gerakan yang membuat Chevron produsen terbesar energi geotermal di dunia

Visi :

The Chevron Way menjelaskan siapa kami, apa yang kami lakukan, apa yang kami yakini dan apa yang ingin kami capai.
The Chevron Way menumbuhkan pengertian yang sama, tidak saja bagi karyawan kami, tapi bagi semua pihak yang berinteraksi dengan kami.

Di dalam The Chevron Way tertanam visi kami… menjadi perusahaan energi dunia
yang paling dikagumi karena karyawan, kemitraan dan kinerjanya.

• dengan selamat menyediakan produk-produk energi yang vital untuk kemajuan
ekonomi yang berkelanjutan dan pengembangan manusia di seluruh dunia;

• adalah orang-orang dan organisasi dengan kemampuan dan komitmen yang tinggi;

• adalah mitra pilihan yang terpercaya;


• dikagumi oleh semua pemangku kepentingan - investor, pelanggan, pemerintah
di tempat kami beroperasi, masyarakat setempat dan karyawan kami – tidak saja
karena hasil yang kami capai tetapi juga bagaimana kami mencapai hasil tersebut;

• memberikan kinerja kelas dunia.
NILAI – NILAI :
Landasan perusahaan kami dibangun di atas nilai-nilai yang kami anut, yang membedakan kami dari yang lain dan menjadi pedoman kegiatan kami. Kami menjalankan bisnis kami dengan penuh rasa tanggung jawab secara sosial dan dengan cara yang etis. Kami menghormati hukum, menjunjung tinggi hak asasi manusia, melindungi lingkungan dan memberi manfaat kepada masyarakat di tempat kami beroperasi.

Integritas Kami jujur kepada pihak lain dan kepada kami sendiri. Kami memenuhi standar etika tertinggi dalam setiap kegiatan bisnis yang kami lakukan. Kami melakukan sesuai yang kami katakan. Kami menerima tanggung jawab atas semua hasil dan akibat dari pekerjaan dan kegiatan kami.

Kepercayaan Kami mempercayai, menghormati dan mendukung satu sama lain, dan kami berupaya sekuat tenaga untuk mendapatkan kepercayaan dari rekan dan para mitra kerja.

Keanekaragaman Kami mempelajari dan menghormati budaya di tempat kami bekerja. Kami menghargai dan menghormati keunikan setiap individu dan ragam pandangan serta talenta yang mereka tunjukkan. Lingkungan kerja kami sangat terbuka dan kami merangkul beraneka ragam komunitas, pendapat, talenta dan pengalaman.

Terobosan Kami mencari peluang-peluang dan terobosan-terobosan baru. Kami menggunakan kreativitas kami untuk mendapatkan cara yang tidak konvensional dan praktis untuk memecahkan masalah. Pengalaman, teknologi dan keuletan kami membantu kami mengatasi tantangan dan memberikan nilai tambah.

Kemitraan Kami mempunyai komitmen yang tinggi untuk menjadi mitra yang baik untuk membangun hubungan yang produktif, kolaboratif, saling mempercayai dan memberikan manfaat dengan pemerintah, perusahaan-perusahaan lain, pelanggan, masyarakat dan satu sama lain.


Melindungi Manusia dan Lingkungan Kami menempatkan kesehatan dan keselamatan tenaga kerja kami serta perlindungan atas aset dan lingkungan sebagai prioritas yang tertinggi. Tujuan kami adalah mendapatkan pengakuan atas kinerja kelas dunia melalui menerapan Sistem Manajemen Keunggulan Operasi (Operational Excellence Management System) secara disiplin.

Kinerja Tinggi Kami berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dalam setiap hal yang kami lakukan, dan kami terus berupaya untuk menjadi lebih baik. Kami dengan sungguh-sungguh berupaya mencapai hasil yang lebih dari yang diharapkan - oleh kami sendiri dan pihak lain. Kami berusaha mencapai hasil terbaik dengan sepenuh tenaga dan dengan tingkat urgensi yang tinggi.
SUMBER DAYA MANUSIA
      Berinvestasi pada sumber daya manusia
untuk memperkuat kemampuan organisasi dan membangun tenaga kerja global yang bertalenta tinggi untuk meraih hasil dengan cara yang tepat
mengeksekusi dengan baik
melalui aplikasi yang cermat dari keunggulan operasi dan sisitem pengelolaan aset/kapital serta pengelolaan biaya yang disiplin
            tumbuh dan memberikan profit
dengan menggunakan keunggulan kompetitif kami untuk memaksimalkan nilai dari aset yang kami miliki serta mendapatkan peluag peluang baru

Teknologi energi
Perusahaan ini juga mengembangkan dan mengkomersialisasikan teknologi energi maju, termasuk fuel cell, photovoltaic, dan bateri teknologi tinggi, dan aktif dalam riset dan pengembangan untuk menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar untuk transportasi dan tenaga listrik. Sebagai tambahan, perusahaan ini juga berinvestasi dalam bidang nanoteknologi, mengevaluasikan sebuah kelas baru blok pembangunan molekular yang berpotensi dapat berguna di banyak industri.
Merk pemasaran
Sebuah SPBU Chevron di Amerika Serikat.
Bahan bakar
  • Chevron
  • Standard Oil (dalam lingkungan terbatas)
  • Texaco (Di Amerika Serikat, Shell diijinkan menggunakan merk Texaco sampai 1 Juli 2006; SPBU Texaco yang dipasok Chevron akan segera mempromosikan "Texaco dengan Techron")
  • Caltex
Pelumas
  • Delo (dijual oleh Caltex dan Chevron)
  • Havoline (dijual oleh Caltex dan Texaco)
  • Revtex (dijual oleh Caltex)
  • Ursa (dijual oleh Texaco)
Aditif Bahan Bakar
  • Techron - Chevron, Texaco (mulai diperkenalkan tahun 2005), Caltex (mulai diperkenalkan tahun 2006 dan selanjutnya)
  • Clean System 3 - Texaco (mulai ditarik tahun 2005 dan digantikan oleh Techron)
Promosional







Tanggung Jawab dalam Aspek Lingkungan

Pengelolaan Lingkungan Hidup
Sejak awal, Chevron telah konsisten bekerja sama dengan masyarakat yang berada di wilayah operasinya. Chevron menjadi warga yang baik melalui kerja samanya dengan pemerintah dan masyarakat setempat, baik dalam eksplorasi minyak, gas, dan energi panas bumi, maupun dalam proses produksinya. Chevron memiliki program yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. Program ini memberdayakan masyarakat dengan mengajarkan mereka cara membangun dan menjalankan usaha yang efektif serta bagaimana menjadi lebih mandiri.
Hal ini penting bagi Indonesia sebab mengembangkan potensi individu adalah prioritas utama kami.

  Usaha perbaikan lingkungan
    -       (Inggris)AC Transit Partnership to Build Hydrogen Energy Stations
    -       (Inggris)Kampanye Will You Join Us
    -       (Inggris)BBC - $300m Per Year in Alternative Fuel Sources 19 Februari 2006

Usaha perbaikan HAM
-          (Inggris)Human Rights Campaign Foundation, Salah satu dari 101 perusahaan yang memiliki nila sempurna untuk Yayasan Kampanye HAM ke-4

Referensi :
http://www.chevron.com    http://id.wikipedia.org/wiki/Chevron_Corporation#Usaha_perbaikan_lingkungan           
http://id.wikipedia.org/wiki/Informatika

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments